11/05/23

Alasan Australia Menjadi Tempat Yang Cocok Untuk Mewujudkan Mimpimu




Mengapa memilih Australia? Impian untuk tinggal di luar negeri telah ada sejak lama, pun aku telah mencari peluang-peluang di berbagai negara, hingga akhirnya mimpi bertemu dengan peluang dan kesempatan dan membuatku mantap untuk memilih Australia. Dibawah ini adalah alasan-alasan utama yang membuatku memilih Australia sebagai tujuanku

Bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara

Australia merupakan negara multikultural dengan pendatang dari berbagai penjuru dunia. Karenanya tidak heran di setiap sudut tempat yang kalian datangi kalian akan bertemu dengan orang-orang dari negara yang berbeda dan bahasa yang berbeda. Meskipun begitu semuanya bisa hidup dengan damai dan tentram. Rasa-rasanya tak pernah melihat maupun mendengar adanya konflik yang dipicu oleh masalah klasik karena perbedaan agama, ras maupun bahasa.

Bahasa Inggris menjadi bahasa Harian

Meskipun bahasa inggris bukan bahasa utama di Indonesia, namun setidaknya kita sudah dikenalkan dengan bahasa ini sedari duduk di bangku sekolah dasar, jadi seharusnya kita tak akan terlalu asing dengan bahasa ini bukan? Pengetahuan basic bahasa inggris sudah cukup untuk menjadi modal, Nantinya seiring berjalannya waktu kalian akan semakin terbiasa dengan bahasa internasional satu ini.

Letaknya cukup dekat dari Indo 



Jika dilihat dari peta kita bisa melihat kalau benua Australia dengan Indonesia letaknya berdekatan, yah meskipun sedekat apapun tetap saja masih dibutuhkan 7 jam penerbangan direct dari Jakarta ke Sydney namun setidaknya waktu ini jauh lebih singkat jika dibandingkan jarak tempuh ke benua-benua lain seperti benua Eropa, Afrika maupun Amerika. 

Negara sekaligus Benua

Sebagai satu-satunya negara sekaligus benua, Australia memiliki luas daratan yang sangat luas, dengan topografi yang sangat beragam tentunya. Australia dibagi menjadi 8 bagian yang terdiri dari 6 negara bagian Asutralia dan 2 teritorial Australia. Enam negara bagian Australia itu adalah 

New South Wales (Sydney)

Victoria (Melbourne)

Queendsland (Brisbane)

Australia Barat (Perth)

Australia Selatan (Adelaide)

Tasmania (Hobart). 

Sedangkan dua wilayah teritorial Australia meliputi 

Australia Utara (Darwin)

Wilayah Ibu Kota Australia (Canberra)

Tiap-tiap negara bagian ini memiliki kewenangan untuk mengatur bagiannya masing-masing, Jadi tidak heran ketika berpindah state kalian akan menemukan sistem yang sangat berbeda dari satu state dengan state lainnya. Tiap state juga memiliki keunikan masing-masing.

Perfect Place to Explore dan Road Trip



Australia memiliki sejuta keindahan alam, dengan berbagai tempat wisata yang tak terhitung jumlahnya. Mulai dari gunung, hutan, sungai, dan pantainya, bisa dipastikan kalian tak akan kehabisan list tempat untuk di explore disini. Belum lagi Binatang-binatang unik seperti kanguru dan koala yang menjadi ciri khas benua ini. Dengan berbekal sebuah mobil kita bisa melakukan road trip menempuh jarak ribuah kilometer melihat keindahan alam di Aussie, infrastruktur jalan di negara ini sangatlah baik bahkan hingga ke jalan-jalan pedalaman.


Lalu Lintas yang teratur



Hukum yang ketat nampaknya menjadi salah satu alasan besar dari keteraturan lalu lintas. Menyetir lebih dari limit speed atau menerobos traffic lamp maka siap-siap saja surat surat tilang akan dikirim ke alamat kalian dan nominal fine nya pun tak main-main bisa jutaan hingga puluhan tergantung tingkat pelanggarannya. Jangan harap kalian bisa melakukan tawar-menawar dengan pak pol ya guys. Proses membuat license pun bisa terbilang cukup rumit dan tak ada istilah calo-calo jadi jika kalian ingin membuat driving license disini pastikan kalian memiliki kemampuan dan pengetahuan berlalu lintas yang mumpuni. Pengemudi di sini juga mostly sangat teratur dan tertib jarang sekali kita melihat kendaraan yang saling kebut-kebutan, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengendara.

Peluang Kerja Yang Besar

Baik pekerja White Collar maupun Blue Collar semuanya memiliki kesempatan kerja yang besar di negara ini, gaji minimumnya pun jauh lebih besar bila dibandingkan dengan Indonesia.Jadi jangan khawatir tak mendapatkan pekerjaan di sini, karena ada banyak sektor pekerjaan yang terbuka lebar sepanjang tahunnya

Gaji Minimum yang Tinggi



Berdasarkan data dari Ombudsman Australia, upah minimum nasional per 1 Juli 2022 adalah 21.38AUD/ Jam sebelum dipotong pajak. Bayangkan saja untuk pekerjaan casual yang kalian lakukan disini, kalian akan memperoleh upah minimum lebih dari 200.000 rupiah perjamnya, jadi jika kita bekerja 8 jam sehari kita bisa memperoleh minumum 1.6 Juta perhari. Lumayan bukan?

Bandingkan dengan upah minimum Ibu kota Jakarta yang saat ini berada di kisaran 4.6 juta yang berarti bila di rata-rata dengan jam kerja 40 jam/ bulan berarti upah minumum jakarta per jamnya sekitar 28.000 rupiah, which is nyaris 10x Lipat ! 

Biaya Hidup yang relatif rendah

Kalimat diatas mungkin sekilas sulit untuk dipercaya bukan? Kali ini aku akan menjelaskan mengapa aku bisa mengatakan bahwa biaya hidup disini ‘murah’.

Jika kalian berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket yang tersedia di berbagai sudut tempat seperti Coles, Woolworth, Aldi maupun tempat-tempat lain kalian akan mnyadari bahwa perbedaan harga tidaklah terlampau jauh dengan harga barang di Indonesia. 

Dibawah ini aku mau coba memberi gambaran sekilas mengenai perbandingan harga antara Australian dan Indonesia. 


Indonesia

Australia*

Beras 

10.000 /KG

24.000/KG

Minyak

16.000/Liter

45.000/Liter

Tepung

13.000/KG

10.000/Liter

Petrol

13.000/Liter

19.000/Liter

Rent

1 Jt/ Month

6 Jt/Month

*Harga setelah dikonversi kedalam rupiah

Jika melihat tebel diatas sekilas mungkin terlihat lumayan banyak perbedaanya apalagi dari segi uang rent, namun bila kita menengok kembali perbedaan upah minimumnya jarak harga diatas feels nothing bukan? Semakin tinggi UMR maka biaya hidup akan semakin tinggi, kalimat tersebut tidak salah, namun akan menjadi kurang tepat jika kita juga turut melihat perbandingan upah minimumnya, selain itu tinggi rendahnya pengeluaran juga tergantung pada gaya hidup kalian. Sebagai contoh jika kalian suka jajan diluar, membeli makann di luar, harga standar perporsi makanan disini sekitar 200k, sedangkan minuman sekitar 70k agaknya cukup membuat tekor jika kalian selalu makan diluar untuk sehari-hari. Namun jika kita memasak sendiri biayanya akan JAUH lebih murah. Aku biasanya menghabiskan tak sampai 50AUD (1AUD= 10.000 IDR) per week untuk berbelanja Grocery, dengan uang segitu kita sudah mendapatkan bahan makanan lengkap untuk stok selama seminggu seperti daging, beras, susu segar, sayur, buah, snack, sembako dan lain-lain. So kesimpulannya dengan UMR yang lebih besar biaya hidup menjadi lebih besar namun kesempatan saving juga jauuuh lebih besar, semuanya tergantung kemampuan kita untuk mengatur keuangan dan mengatur gaya hidup.

Adanya Program WHV

WHV atau Working Holiday Visa merupakan Visa yang memungkinkan kita untuk berlibur sekaligus bekerja secara di Australia selama maksimal 3 tahun. Adanya Kerjasama untuk WHV inilah yang menjadi alasan utama aku memilih Australia. Saat ini negara yang menjalin kerjasama untuk program WHV dengan Indonesia memang baru negara Australia saja, aku berharap nantinya akan semakin banyak pilihan negara untuk Indonesia ya guys.

Mungkin sampai disini dulu ya guys beberapa alasan mengapa Aussie menjadi tempat yang cocok untuk kalian datangi, semoga tulisan ini dapat menjadi motivasi untuk kalian terima kasih sudah mampir. See ya!




See also :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar