19/11/18

Perbandingan Drama Korea VS Drama China


Sama-sama berasal dari Asia timur drama Korea maupun drama China memilki ciri khasnya masing-masing, baik dari segi bahasa, budaya, maupun alur ceritanya. Untuk mengetahui lebuh jauh mengenai perbedaanya kali ini aku mau membandingkan keduanya, checkidot !

Genre Kerajaan
Drama China memiliki genre cerita serta properti yang beragam. Lihat saja properti-properti yang digunakan, terutama pada drama sejarah berbudget besar, kalian bisa melihat betapa beragamnya kostum dalam drama history China dan  betapa elegan dan megahnya setting yang digunakan, bahkan di China terdapat Hengdian World Studio yang merupakan  sebuah studio film terbesar didunia, banyak drama-drama favoritku yang mengambil gambar dilokasi tersebut (ex : Nirvana In Fire, Nirvana In Fire 2, King’s Woman dll).

Hengdian World Studio


Selain itu China merupakan negara dengan sejarah keudayaan tertua Dinasti-dinasti China (ex :Dinasti Han, Dinasti Qin, Dinasti Tang, Dinasti Yuan,  Dinasti Min, Dinasti Qing dan masih buanyak lagi,) semuanya memiliki sejarah yang sangat panjang dan berliku sehingga memiliki referensi cerita yang sangat banyak belum lagi kostum yang berbeda-beda dari waktu ke waktu. Salah satu dinasti yang memiliki kostum dan style unik adalah Dinasti Qing yang merupakan dinasti terakhirr di Tiongkok, Ciri khas yang paling menonjol adalah gaya rambut yang unik. pria di jama Dinasti Qing mengguntiing semua rambut dibagian depan kepala dan menjadikan rambut dibagian belakang membentuk kepangan panjang.  era Qing ini sudah sangat sering dijadikan era waktu yang diambil dalam drama, contohnya dalam drama-drama populer seperti Huan ZHu Gege dan scarlet heart. 
Huan Zhu Gege




Meskipun demikian, drama Kerajaan Korea  pun juga punya banyak referensi untuk ceritanya seperti era Tiga Kerajaan Korea (Goguryeo, Silla, dan Baekje) yang ada di drama Jumong maupun The Great Queen Seondeok

Jumong, Drama era Goguryeo
Selain itu ada satu era lagi, yang merupakan era kerajaan terakhir di Korea dan juga paling sering dibuat menjadi setting dalam drama Saeguk Korea, yups era Joseon, drama era joseon yang sangat identik dengan hanbok dan segala pernak-perniknya. Sudah tak terhitung jumlah drama yang mengambil setting ara joseon (Dong Yi, iljiimae, princess's Man, Sungkyunkwan Scandal, Moon Embracing The Sun dan masih buanyak lagi)
The Moon That Embracing The Sun

Dong Yi

Genre Republik/revolusi
Drama yang terjadi di sekitar masa-masa perang 2 aku sering menyebutnya degan drama republik, drama genre ini seringkali bercerita mengenai patriotisme, Entah jumlahnya yang tidak banyak atau Belum terlalu banyak drama era republik Korea yang aku tonton hanya beberapa seperti Bridal Mask dan Chicago Typewriter sedangkan di China drama genre ini sangat banyak jumahnya, ada drama bersetting Sino-Japanese War, partai komunis dan Nasionalis, dan masih bayak lagi.

Rookie Agent Rouge

Bridal mask

Genre fantasi


China punya genre xianxia dan wuxia yang tentunya sudah dikenal seluruh dunia sejak lama (Kera Sakti aka Journey to the west, Chinese Paladin, Legend Of Condor Heroes), meskipun awalnya akan terasa aneh ngelihat efek-efek CGI yang sering digunakan pada drama genre ini tapi lama-lama akan terbiasa apalagi bila alur cerita yang ditampilkan benar-benar menarik, beberapa tahun terakhir efek CGI yang digunakan sudah semakin real dan lebih halus. Sedangkan untuk drama Korea, aku masih jarang menemukan drama fantasi xian-xia seerti di China, seiingatku drama korea yang memiliki genre sejenis misalnya Gu Family book.
The Journey of Flower

Modern drama

Nah untuk urusan modern-drama mulai dari romance, thriller, crime investivigation dll, drama Korea jauh lebih unggul dari segi ragam cerita, setiap wktu ada saja inovasi baru yang keluar, dan memiliki tema karakter dari berbagai bidang pekerjaan , mulai dari dokter, hakim, jaksa, penjahat, wartawan, musisi,CEO, firefighter, artis, polisi daaaan masih banyak lagi. Untuk drama modern ini drakor rata-rata memiliki jumlah episode 16-20 dengan waktu per-episode sekitar 60 menit. Sementara dari beberapa drama modern China yang pernah kutonton, rata-rata semuanya punya episode super panjang (lebih dari 40 episode) tapi dengan premise dan alur cerita yang draggy dan cenderung membosankan dan tema ceritaanya berkutat pada kisah cinta yang seringkali klise, tapi diantara judul-judul itu ada juga drama yang memikat dan membuat susah untuk move on.
My Sunshine
Nice Guy

jadi yang mana favorit kalian?











x

4 komentar:

  1. Makasih infonya gan skrg ane jadi tau bedanya drakor dan dracin. Skrg ane mau nonton drama China terbaru dulu ah hehe

    BalasHapus
  2. Ouhhh... Baru tau aku tpi skrng aku msih sering nonton Drakor tpi kali ini mau nyoba nonton dracin:')

    BalasHapus
  3. Tahun ini pertama kalinnya nonton Dracin Kerajaan yang "Love Like The Galaxy" karena tranding terus di sosmed. akhirnya nonton dan sangat sangat terkesima sama modelan drama kolosalnya asli keren parah, dari segi editing, cerita, karakter, busana bener bener totalitas. gila sih kenapa baru sekarang mengagumi cerita kerajaan dari Dracin. dan maaf maaf nih saya juga suka banget drakor kerajaan tapi dracin Love Like The Galaxy bener bener bikin jatuh cinta gak nyaingin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! Love like galaxy emang bagus banget. Tenang, selain drama ini masih ada buanyak dracin kerajaan yang gak kalah keren

      Hapus