23/12/19

Cara Membuat Rendang Kalio dengan Bumbu Instan

Resep 2


Siapa yang gak kenal rendang? makanan khas Minang ini sudah terkenal di seluruh Indonesia dan bahkan sudah mulai mendunia, aku sering mikir kalo masak rendang itu sangat ribet, apalagi ketika aku dijelaskan mengenai bumbu-bumbunya oleh teman sekosanku yang memang asli orang minang, tapi syukurlah ada bumbu rendang instan yang bisa membuat saya skip untuk masalah kerumitan bumbu rendang *bukan sedang endorse yaa*.  Tepi tetap aja memasak rendang ini benar-benar bisa untuk melatih kesabaran hehe, karena kalian harus mengaduk kurang lebih 3-4 jam tergantung porsi kalian.

Ohiya kata temenku yang tadi kusebutkan rendang yang dijual di rumah makan masakan padang kebanyakan bukan rendah tapi masih berbentuk Kalio, masakan ini dikatakan rendang kalau warnanya telah menghitam dan bumbunya juga telah mengering namun berminyak, sedangakan yang seringkali kita makan di warung makan padang dagingnya sudah berwarna coklat namun santannya masih terlihat kental, jadi belum kering sepenuhnya. Tapi berdasarkan request emak aku lebih sering memasak rendang kalio jadi tidak hingga benar-benar kering, lagipula saat dipanaskan nanti lama-lama rendang akan semakin kering sendiri, apalagi rendang ini semakin dipanaskan aromanya semakin berasa dan rasanya semakin nendang. Jadi sebenarnya perbedaan rendang dan alio itu hanya dari perbedaan seberapa lama kia memasaknya saja, untuk bumbunya sama saja kok.

Kalau kalian bosan dengan masakan daging yang itu-itu saja kalian harus mencoba resep ini…

Bahan :
1 kg daging sapi
3 butir kelapa parut
1 Liter air
4 sachet Bumbu Rendang Instan (@70ml)
Cabai sesuai selera
4 biji Bawang putih
8 biji Bawang merah
3 lembar daun jeruk
Garam secukupnya

Cara membuat :
Siapkan kelapa yang telah diparut , tips saat memilih kelapa, pilih  yang tua agar kandungan minyaknya lebih banyak . Tambahkan kelapa parut dengan 1 liter air, agar sari santan lebih banyak keluar kalian bisa menggunakan air panas, remas-remas agar santan keluar, pastikan santan yang kalian buat memiliki tekstur yang kental

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai

Masukkan santan kental, bumbu yang telah dihaluskan , bumbu rendang instan kedalam wajan, tambahkan garam secukupnya dan daun jeruk garam , dan royco. Bumbu instan ini biasanya aku beli di pasar tradisional dengan harga 2500 per sachet, perbungkusnya bisa digunakan untuk ¼ daging
Bumbu Rendang Instan


Nyalakan api sedang, jika sudah mulai mendidih masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong. aduk terus menerus agar santan tidak pecah (disinilah kesabaran kalian diuji hehe, alangkah baiknya kalo kalian punya partner untuk bergantian saat mengaduk)

Ini dia perubahan santan dari waktu kewaktu
Setelah kurang lebih 3 jam santan akan mengental dan mengeluarkan minyak dan jadilah rendang kalio, kalau kalian ingin membuat rendang kalian bisa lanjut mengaduknya hingga santan benar-benar mengering.

Rendang Kalio siap disajikaaan, jangan lupa tambahkan daun ketela rebus agar rasanya lebih nikmat

Selamat Mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar