26/12/19

Cara membuat Pempek khas Palembang


Kali ini aku mau berbagi cara membuat pempek. Makanan khas palembang ini sudah jadi salah satu makanan kesukaanku sejak kecil. Makanan berbahan dasar ikan tengiri ini punya rasa nano-nano. Rasa ikan dan tepung yang gurih dimulut dipadukan dengan kuah asam asin pedas benar-benar memanjakan mulut penikmatnya. Didepan rumah terkadang ada abang-abang penjual pempek dengan harga murah cuma 2000 per bijinya sedangkan saat kuliah disekitaran kampus ada lagi pempek dengan harga yang lebih fantastis Cuma 1k per biji ada juga pempek yang per bijinya dihargai 10k tentunya dengan rasa ikan tengiri yang lebih kuat dan kuah yang kental. Kalau  aku malah lebih suka pempek yang rasa ikannya tidak terlalu kuat jadi di resep ini aku menggunakan  jumlah tepung lebih banyak, kalau kalian lebih suka rasa tengirinya lebih dominan kalian bisa mengakalinya dengan mengurangi jumlah tepung yang digunakan

Bahan:
Bahan Pempek
600 gr Ikan Tengiri segar 
¼ kg tepung gandum
¼ kg tepung tapioka
3 biji bawang putih
Garam secukupnya
200 ml air es

Bahan Kuah Asam
2 biji bawang putih
200 gr asam jawa
200 gr gula jawa
Garam secukupnya
Air 500 ml
Mentimun

Cara Membuat :
Fillet ikan tengiri segar untuk mendapatkan dagingnya, cuci hingga bersih, sebagai catatan pilihlah ikan tengiri yang masih segar dan belum pernah dibekukan.

Haluskan ikan tengiri hingga teksturnya benar-benar halus , disini aku menggunakan Food processor
ikan tengiri sebelum dihaluskan

sesudah dihaluskan
Setelah daging halus, tambahkan dengan air es agar tekstur daging menjadi kenyal, inget ya penambahan air es ini dilakukan sebelum menambah tepung.

Tambahkan garam dan bawang putih yang telah dihaluskan
Masukkan tepung tapioka dan tepung gandum lalu uleni hingga merata. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya apakah sudah pas atau belum.

Setelah proses menguleni dirasa cukup dan adonan telah tercampur merata maka adonan siap dibentuk
adonan siap untuk dibentuk
rebuslah air dan tunggu hingga mendidih

Bentuk pempek sesui selera bisa lonjong, pipih, atau tak beraturan hehe, Kalian bisa mengisi pempek dengan bahan-bahan seperti telur puyuh atau bakso tergantung selera kalian. 

Adonan yang telah dibentuk langsung dimasukkan kedalam air mendidih.

Adonan yang telah mengambang menunjukan bahwa pempek telah matang dan siap diangkat.
pempek siap digoreng
Tiriskan dan pempek siap untuk digoreng.


Untuk membuat kuahnya pertama-tama panaskan air kemudian masukkan asam, gula jawa, garam dan bumbu (bawang putih dan cabai) yang telah dihaluskan.

Setelah larutan mendidih angkat kemudian saring lalu dinginkan. 
kuah pempek
Ohiya Kuah pempek ini menurutku lebih enak disajikan dalam keadaan dingin, perpaduan pempek goreng yang baru saja digoreng dan kemudian disiram dengan kuah dingin memberikan sensasi tersendiri nyammm. jadi lebih baik sebelum membuat pempek pertama-tama kita buat dulu kuahnya dan kemudian kuah bisa didinginkan di lemari pendingin.

Potong pempek dengan ukuran kecil, tambahkan mentimun yang telah dipotong dadi terakhir siramkan kuah pempek daaan pempek siap untuk dinikmati







1 komentar:

  1. Look at the way my acquaintance Wesley Virgin's biography launches in this SHOCKING and controversial video.

    Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to obtain anything they want.

    THESE are the same SECRETS lots of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You've heard that you only use 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your BRAINPOWER is UNTAPPED.

    Perhaps that expression has even taken place INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years back, while driving an unlicensed, garbage bucket of a car with a suspended license and with $3.20 in his bank account.

    "I'm so frustrated with going through life check to check! Why can't I turn myself successful?"

    You took part in those types of thoughts, right?

    Your success story is going to start. All you need is to believe in YOURSELF.

    CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

    BalasHapus